Tuesday, November 8, 2011

Teknik Irigasi dan Drainase

Agricultural Engineering - Sekilas mengenai Teknik Irigasi dan Drainase. Irigasi adalah usaha-usaha yang dilakukan untuk mendapatkan air yang berguna bagi tanaman dan untuk mengganti air yang hilang pada lahan pertanian. Sedangkan Drainase adalah usaha-usaha yang dilakukan yang berhubungan dengan upaya untuk mengurangi air yang berlebihan pada lahan pertanian sampai dengan jumlah yang dieperlukan tanaman dengan cepat dan aman.

Indonesia adalah Negara dengan iklim tropis yang memiliki dua musim yaitu musim kemaru dan penghujan. Pada musim kemarau jumlah air yang ada tentu tidak sebanyak seperti pada musim penghujan. Pada musim kemarau inilah para lahan pertanian memerlukan air untuk tanaman, maka petani berusah untuk mendapatkan air dengan cara membangun saluran-saluran air yang dapat mengairi lahan pertanian. Inilah yang dimaksud dengan usaha untuk mendapatkan air.
        Irigasi dan Drainase saling berhubungan, jadi proses ini dilakukan secara bersamaan dan tidak bias dialakukan sendiri- sendiri. Di Indonesia untuk membantu proses Irigasi dan Drainase ini biasanya dibangun bendungan-bendungan. Pada musim penghujan air ditampung pada bendungan, agar tidak membanjiri lahan pertanian dan pemukiman. Sedangkan pada musim kemarau air yang ditampung pada bendungan ini akan disalurkan pada lahan-lahan pertania agar air untuk tumbuhan tetap tersedia.
       

Untuk materi Teknik Irigasi dan Drainase dapat di download di :

No comments:

Post a Comment