Thursday, November 17, 2011

SeaDog® Pump, Pembangkit Listrik Energi Gelombang Laut Dengan Teknologi Sederhana dan Murah

Agricultural Engineering - Laut masih menyimpan potensi energi yang salah satunya adalah gelombang laut dan masih belum termanfaatkan secara optimal. Berbagai teknologi pengubah energi gelombang laut telah banyak dikembangkan, tetapi kompleksitas dan mahalnya biaya produksinya masih merupakan tantangan yang perlu dijawab.

Independent Natural Resources Inc. yang berbasis di Minnesota, Amerika Serikat, mencoba menawarkan sebuah teknologi pengubah

energi gelombang laut menjadi listrik yang lebih sederhana dan murah dibanding teknologi-teknologi lain.


SeaDog® Pump, teknologi yang dikembangkan oleh Independent Natural Resources Inc. terdiri dari platform yang mengapung dan memanfaatkan gerakan gelombang untuk menggerakkan piston. Sebuah pelampung besar terhubung dengan bagian bawah piston tersebut.
Lihat cara kerja SeaDog® Pump..



Setiap ada gelombang yang bergerak memasuki platform, maka pelampung akan bergerak mengikuti gerakan gelombang. Efeknya gerakan gelombang yang terus menerus akan menggerakkan pula piston naik turun menekan air laut yang kemudian memutar turbin dan membuangnya kembali ke laut.

Untuk mengetahui dan memperoleh penilaian yang obyektif terhadap kinerja SeaDog® Pump, Independent Natural Resources Inc. mengajak Texas A&M University guna melakuka evaluasi terhadap teknologi tersebut. Hasilnya, menurut Texas A&M University, SeaDog® mampu mengkonversi 22% energi gelombang laut menjadi energi yang berguna.

Perusahaan tersebut juga sedang merencanakan untuk menguji SeaDog® Pump dalam skala pembangkit listrik atau untuk desalinasi air laut.

Independent Natural Resources Inc. yakin bahwa dengan desain sistem yang sederhana dan tidak digunakannya komponen-komponen elektronika, maka untuk scale up tidak akan membutuhkan biaya yang besar.


sumber : planethijau.com

1 comment: